All About Batteries

Author: Dani // Category: ,
Sekilas Batere iPod Touch

Jadi, di iPod Touch, batere yang dipake itu Lithium-ion batteries. Yang perlu diinget tentang batere lithium-ion yaitu:
  • Lithium itu metal paling ringan, jadi lebih banyak nyimpen listrik daripada batere yang pake nikel.
  • Kita bisa ngerecharge batere lithium sesuka hati kita, ga peduli dengan cycle full chare atau cylce full discharge macem di batere yang pake nikel. Kalo batere yang pake nikel, kalo ngechargenya ga full, nanti bakal ada kristal yang ngendep di batere, akibatnya kita ga bisa ngisi full batere kita dengan tenaga listrik, karena ada endapan kristal itu. Makanja si batere berbasis nikel perlu dijaga siklus full charge-dischargenya, supaya performa baterenya maksimal. Beruntunglah iPod Touch ga pake batere nikel.


Charging



Charging terbagi jadi dua tahap, fast charging, lalu trickle charging. Fast charging itu +/- 2 jam, ngisi batere sampe 80%, lalu ganti jadi trickle charging, +/- 2 jam juga, ngisi 20% sisanya sampe penuh.

Charge Cycle

Charge Cycle ini menentukan usia batere. Pengertian dari Charge Cycle itu,
"Ketika seluruh persediaan listrik di batere kita abisin sepenuhnya"
dan ga selalu dalam sekali kita ngecharge. Untuk jelasnya liat skenario dibawah:



Kondisi awal 100%. Kita pake sampe tinggal 1/2nya (50%), terus kita recharge sampe 100% malemnya. Besok paginya kita pake lagi 1/2nya, terus kita recharge lagi sampe 100% pas malem.
Mungkin lu lu pade ngira kita udah ngabisin 2 Charge Cycle. Tetapi ternyata engga. Walau kita udah 2 kali ngecharge, tapi pada kenyataanya kita cuma ngabisin (50%+50%=100%) kapasitas batere dalam 2 hari itu. Jadi kita hanya ngabisin 1 charge Cycle.
Penurunan kapasitas sih pasti ada, nanti suatu saat nanti, cuma 80% maksimal dari kapasitas awalnya batere yang bisa disimpen. Nah ini saatnya ganti batere.
Tapi, best practice sih charge ketika hampir kosong sampai penuh, itung-itung merawat batere

FAQ

Q: Di SBSettings kok kapasitas persennya sering naek turun ya? Baterenya kenapa tuh?
A: ah, itu SBSettings emang persentasinya labil, jangan dipercaya.

Q: kalo ngecharge belom penuh dicabut ngerusak ga?
A: Enggak. Tapi sebaiknya sih ngecharge sampe penuh aja biar amannya.

Q: kalo sering cabut colok ngurangin performa batere ga?
A: Engga sih, kan udah dibilang, charge cycle ga berdasar seringnya kita ngecharge, tapi dari kapasitas yang kita abisin..

Q: kalo ngecharge dari laptop/komputer males.. jadi mau pake charger ke listrik aja, ada saran?
A: Kalo soal charger listrik mama saranin sih pake punya apple yg ori ato setidaknya 3rd party yang resmi (bukan abal2) macem CapDase misalnya. Soalnya takutnya kalo pake abal2 bisa ngebakar batere, jadi misalnya pas kita ngecharge semaleman, kalo charger asli, pas udah penuh, dia stop ngecharge. tapi kalo yang abal2 engga kadang.. jadi batere kita dialirin listrik terus sampe gosong. Maen aman aja, investasi buat iPod Touch kesayangan kita..

Q: kalo batere udah penuh, bakalan stop ga sih dicharge?
A: sesuai dengan dokumentasi support apple, dengan aksesoris charger yang benar, semestinya batere ketika penuh ga akan dicharge lagi.
"The battery stops charging when it's full, so you don't have to worry if you leave it plugged in overnight (leaving your iPod connected to an electrical source all the time doesn't continuously charge it). Once the battery is charged (the battery icon will stop animating), disconnect your iPod. If you're using your computer to charge iPod, make sure that you disconnect your iPod correctly when it's finished charging."
Q: Batere aku boros banget sih, ada tipsnya ga biar tahan lama?
A: Satu pesen aja biar batere ga cepet tua, KALO LAGI NGECHARGE JANGAN DIMAENIN, sisanya buat ngehemat batere baca dari situs apple aja ya

Q: Perlu ga sih, pas pertama kali beli, batere dicharge semaleman, macem handphone gitu?
A: Ga perlu. Charge aja seperti biasa, ga perlu dicharge overnight
...

-- akan ditambah--