Frequently Ask Question

Author: Bengkyo a.k.a Kiki // Category: , , ,
Disini merupakan daftar2 pertanyaan yg sering ditanyakan di Forum mengenai JB maupun mengenai iPod Touch, akan ada beberapa bagian dan akan selalu di Update berdasarkan perkembangan :)

Q.1. JB atau Jailbreak itu sebenarnya apaan ya?
JB itu intinya kita seperti ngebebasin kita untuk melakukan sesuatu yg lebih dgn iTouch kita, istilahnya kita menjadi Admin Priveledge disana. iTouch kita di JB kita bisa melakukan editing di iTouch kita, seperti utak atik Theme, ganti Font, ganti menu, dan paling utama maenin games atau aplikasi yg Cracked alias bajakan :)



Q.2. Jadi nantinya kita bisa ambil aplikasi di Apple Store tanpa bayar?
Waaahhh ini nih yg msh salah pengertian :), ttp ya klo mau ambil aplikasi di Apple Store kita harus bayar lah, KECUALI kita ambil aplikasi di Apple Store yg gratisan alias Free Application seperti YM atau Facebook. Aplikasi yg Paid ya tetep bayarlah :)

Q.3. Trus klo di JB apakah Garansi kita Hilang?
Yup untuk sementara selama kita di JB, garansi ilang tp ga usah khawatir, klo mau aktifin garansi kita tinggal di Restore ulang aja ke Firmware atau Software bawaannya iTouch begitu kita mau Claim garansi kita :)


Q.4. Kekurangan sama kelebihannya kita JB apa ya?
Kelebihannya :
  1. Bisa utak atik ipod kita, misal pasang theme semau kita
  2. Bisa maenin game cracked yg Full Version spt aplikasi yg Paid di Apple Store
  3. Kecanduan maenin game ama utak atik biar tampilan ipod kita jd bagus
Kekurangannya :
  1. Kecanduan & ga bisa tdr cepet gara2 maenin ipod mulu :D
  2. HDD ipod sama batre bakalan cepet bgt abisnya :D
  3. Pacar loe cemburu soalnya lu skr lbh ngelonin ipod drpada dia wkwkwkwkwk
Q.5. Susah ga sih JB itu?
Susah klo ga mau ngerti dan ga mau blajar, intinya tuh baca manualnya alias Read The Fucking Manual. Soalnya klo kita ikutin manual atau langkah2 yg sudah ditulin bakalan gampang ko :)

Q.6. Bedanya 1st gen, 2nd Gen sama 3rd gen itu apa ya?
Bedanya dr smua itu jelas lah beda Memory ama prosesornya. Generasi yg awal alias 1st gen msh pake prosesor yg lama dan blm ada Speaker External dan fisiknya lbh tebel, gugling aja ya gimana bentuknya :)
Nah klo 2nd gen ama 3rd gen dr fisik sama tp memory ama prosesornya beda :) dan ini dah ada speaker phone nya :) Jelasnya baca di blog ini mengenai Basic Info :)

Q.7. DFU itu apa ya?
DFU itu Device Firmware Upgrade, artinya kita masuk ke ipod dlm kondisi ipod tdk meload OSX alias Firmwarenya dan itunes tdk dpt berinteraksi dgn device, kita melakukan DFU biasanya untuk upgrade FW maupun pada saat2 ketika ipod kita ada keanehan dengan FW bawaannya. Cara lakuinnya :
  1. Dalam keadaan iPod Nyala, tahan tombol power 10 detik
  2. Tanpa melepas tombol power tadi, tahan tombol Home selama 15 detik
  3. Lepas tombol power dengan tetap menahan tombol Home selama 30 detik
Nantinya di PC kita akan muncul Pop-up yg menyebutkan ipod dlm keadaan DFU Mode.

Q.8. Recovery Mode itu apa ya?
Nah klo recovery mode, kita masuk ke ipod dlm kondisi ipod meload OSX kita dan itunes msh bisa melakukan interaksi dengan device. Recovery mode ini sama spt DFU, kadang digunakan untuk restore firmware kita. Cara melakukannya :
  1. iPod dlm keadaan mati
  2. Tahan tombol home sambil kamu colok kabel USB ipod ke PC
  3. iTunes bakal bilang klo ipod dlm keadaan recovery mode
  4. Tanda recovery mode ini ada gambar colokan USB dan lambang iTunes

Q.9. 3.1.2 sama 3.1.3 apa bedanya?
Ga ada bedanya :D 3.1.3 itu upgrade minor dr Apple, dia kluarin 3.1.3 untuk mencegah kita2 ini yg JB :D

Q.10. Lalu klo mau upgrade pilih yg mana ya?
Skr sdh ada JB tools buat smuanya, namanya Spirit. Jadi mau milih 3.1.3 atau 3.1.2 gpp, dan skr ini ga perlu lagi pancingan pake blackrain buat nyalainnya, soalnya ini Untretered alias klo ipod mu mati abis batre atau ga sengaja dimatiin, tinggal dinyalain lagi ga perlu nyolok ke PC buat mancingnya :)

Q.11. Gan gw dah pake Spirit buat JB nya, trus klo Restart pake Blackrain lagi ga?
Capeee deeeehhhh...!!! kan dah gw jelasin ga masalah klo mati atau restart juga asalkan JB nya pake spirit, inget ya Spirit sama Blackrain itu berdiri sendiri dan tdk saling support. Klo pake blackrain ya ttp hrs pancingan pake blackrain lagi klo mati, itu namanya Thretered, nah klo pake spirit ga perlu soalnya dah ga berkaitan lagi ama Blackrain :)

Q.12. Gan file2 apa aja sih yg bisa dimasukin ke itunes ama ipod kita?
Buat music tentu file MP3, buat Video MP4, buat games atau aplikasi .ipa sama .pxl

Q.13. Gan ane donlot game filenya .pxl, gmn cara masukinnya?
Ente donlot dulu aplikasi namanya Panda PC Suite, nih donlotnya DISINI . Tinggal donlot trus install trus masukin deh aplikasi itu ke ipodmu lansung ga perlu pake itunes lagi :) atau lu bisa pake converter .pxl to .ipa, bisa dibaca DISINI

Q.14. Page 1 Kaskus ko Link nya error smua gmn tuh kita kan perlu?
Mohon maaf ya buat smuanya, link page 1 di kaskus sedang dlm perbaikan kaskus, jdnya blm bisa diakses dulu soalnya itu smua dari Lounge terdahulu, makanya kita skr ini bikin Blog ini untuk link tutor dan info2 lainnya supaya ga ilang dan ga error dgn tiba2 lagi :)

Q.15. Gan iPod ane problem nih error medianya, trus ane reset all media tp malah stuck nih, gmn donk?
Buat semuanya mohon JANGAN pernah dan JANGAN sekali kali melakukan RESET di dlm iPod Touch mu, sudah banyak kejadian yg melakukan Reset (Reset all setting, Reset Network Setting dan reset lainnya)  rata2 mengalami kejadian yg sama, yaitu iPod jadi ga kedetek dan akhirnya mati total :D Kalau ternyata kamu terlanjur melakukannya, coba masuk ke DFU mode, caranya liat diatas, lalu coba kamu restore ulang ipodmu dan biasanya smua problem solved dengan restore :)

Q.16. Gan iPod ane ko aneh, volume nya tiba2 membesar dgn sendirinya trus ko susah naekin volume nya, kadang juga pas jalanin music ko ga ada volume controlnya ya?
Nah ini Bugs dari Apple buat ipod kita, gw juga sempet ko ngalamin kaya gini :) Jgn panik santai aja, yg pertama kamu lakukan adalah coba install aplikasi dari Cydia namanya SBSetting, setelah kamu install, coba kamu lakuin Respiring di SBSetting itu, biasanya klo udh respiring bakalan normal lagi :)

Kalau ga ada volumenya, coba kamu colokin earphone nya ke ipod kamu trus jalanin lagu disana, nantinya dia bakalan muncul lagi :)

Q.17. Gan Cara upgrade itu gmn ya?
Simple bgt, donlot firmware nya dr situs Apple, trus klo udah buka itunes sambil itouch ke colok trus tekan shift and klik restore/upgrade, pilih deh FW yg dah lu donlot itu. Klo downgrade ya sama ajaaa kalleeeeeee..!!! Downgrade itu pilih FW yg lbh rendah dr FW yg terinstall di itouch kita. Ingat ya buat 3rd gen 8 Giga, pilih FW yg untuk 2nd gen soalnya khusus 3rd gen 8 giga itu msh termasuk ke 2nd gen, org2 nyebutnya 2.5 Gen karena smua flatform nya msh sama ama 2nd gen. Klo 32 ama 64 giga ya ttp donlot utk yg 3rd gen :) Jangan salah ya :)

Q.18. Gan caranya transfer lagu dr iTouch ke PC kita gmn ya?
Pake Touchcopy, link nya bisa lu donlot DISINI

Q.19. Pas restore ipod kok gagal dan muncul pesan "This device isn't eligible for the requested build iphone" itu kenapa ya?
Itu karena lu mau restore ke firmware yang udah TIDAK diijinkan lagi sama Apple. Tiap kali proses restore firmware, iTunes akan meminta "sign" dari server Apple, apakah firmware yang bersangkutan sudah termasuk di dalam firmware yang dilarang untuk dilakukan proses instalasi.. Kalo engga (biasanya firmware terbaru) Apple akan ngirim "sign" oke dan restore berjalan lancar, kalo termasuk, maka Apple akan mengirim "sign" not oke dan akan muncul pesan error seperti di atas. Jadi mau ga mau hrs Update ke OS terbaru ga bisa lagi downgrade :)

Q.20. Gan ko ane sync di PC yg berbeda aplikasinya ada yg ilang ada yg engga, ko bisa gitu? Caranya mindahin game yg dr ipod ke iTunes gmn ya?
Klo gamesnya bukan games bajakan pasti ilang klo ga ada di library, klo games yg diambil di itunes store trus di library ga ada pasti ilang juga. Caranya ada ko, pas di itunes masukin atau Login atas nama ID iTunes kamu, trus di bagian File —> Transfer Purchase from iPod. Nah nanti game2 yg kamu ambil dr iTunes Store yang ada di iPod Touchmu akan masuk ke librarynya itunes mu
Tp klo game nya bajakan alias kracked ya ga bakalan ilang mskipun di sync di itunes manapun, tp Ipod kudu di JB klo mau maen game bajakan

Q.21. Gan ini ko pas udh di JB pake JBMe kaya ada garis gitu di layarnya, itu emg error apa normal aja gan?
Itu normal ko, garis itu bukan dead pixel tp itu merupakan salah satu shellcode yg digunain ama comex :) Jd ga usah khawatir itu normal ko, ga percaya? Coba aja restore ulang :) Dan smua itu normal ko ga ngaruh ke ipod nya :)